Friday, September 16, 2016

Tukang Becak Naik Haji Secara Misterius

Tukang Becak Naik Haji Secara Misterius !


Kasrin (60), warga Dukuh Gembul, Desa Sumberejo, Kecamatan Pamotan, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, menjadi buah bibir. Pria yang berprofesi sebagai tukang becak diyakini pergi haji secara misterius. Ada yang percaya, ada yang bertanya-tanya.

Kasrin diantar keluarga ke Masjid Lasem pada 23 Agustus 2016 lalu. Adiknya, Sutarman (44) yang ikut mengantar Kasrin mengatakan setelah turun dari mobil dan berpamitan beli rokok, Kasrin tidak kembali. Ternyata dia sudah di dalam bus tanpa membawa bekalnya.


"Ya pakai baju biasa dan celana panjang. Rombongan mencari sudah tidak ada, tidak tahunya sudah di dalam bus," kata Sutarman kepada detikcom, Jumat (16/09/2016).

Keesokan paginya Sutarman berusaha menghubungi telepon seluler Kasrin dan ternyata diangkat. Ketika itu Kasrin mengaku masih ada di dalam pesawat sehingga percakapan tidak berlangsung lama.

"Pateni ae aku ning jero pesawat (matikan dulu, aku di dalam pesawat)," ujarnya menirukan Kasrin.

"Jam 05.00-an telepon ke sini, tanya, 'kono wis bodo?' (di sana sudah lebaran). Sepertinya pakai nomor sana (Mekah). Sejak saat itu tidak bisa dihubungi," ujar anak sulung Kasrin, Siti Rokhanah.

Sutarman sempat beberapa kali berkomunikasi lewat telepon dan keluarga lainnya juga mendapat kabar langsung kalau Kasrin sudah berada di Makkah. Jumat (9/9) pekan lalu, Kasrin juga memberi kabar sedang bersiap menjalankan salat Jumat di Mekah.

"Ketiga kalinya saya telepon itu hari Jumat minggu kemarin. Itu sore di sini, katanya beliaunya mau Jumatan di Mekah," tandasnya.

Sementara itu, keluarga lainnya juga sempat ditelepon Kasrin namun kali ini dengan nomor asing pada hari Senin (12/09) lalu untuk menanyakan apakah di tempat tinggalnya sudah waktunya Idul Adha. Tanggal 12 September, Idul Adha dirayakan di Indonesia.

Keluarga tentu bertanya-tanya bagaimana caranya Kasrin bisa berada di Makkah dan berhaji. Padahal selama ini dua tidak pernah mengurus dokumen apapun dan juga tidak mendaftar haji. Ada surat dari Indi, salah satu pelanggan Kasrin, yang menyebutkan mengaku sudah mengurus segala keperluan haji Kasrin termasuk pendaftaran.

Kasrin kini belum kembali ke rumah. Keluarga yang awalnya ragu, kini yakin pria tiga anak tengah berada di Tanah Suci.

No comments:

Post a Comment